Hindari 7 Kebiasaan Ini, Merusak Rambut!

Memiliki rambut yang sehat tentu jadi dambaan setiap perempuan. Apakah kamu sudah melakukan perawatan yang tepat dan menghindari 7 hal di bawah ini?

1) Terlalu sering menyisir

1a

Menyisir rambut tentunya baik untuk memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan dan mendistribusikan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala ke batang-batang rambut. Tetapi, semakin sering menyisir akan membuatnya semakin lembut dan berkilau adalah mitos yang salah. Bahkan faktanya, jika rambut kamu sedang dalam keadaan rapuh dan sering rontok, menyisirnya terlalu banyak akan memperparah rontoknya, dan membuat rambut yang rapuh jadi bisa pecah-pecah dan bercabang ujungnya. Sebaiknya, gunakan sisir yang bergigi jarang, dan mulai dari akar rambut. Jika rambut kamu kusut, jangan memaksa menarik atau menyisirnya di bagian yang kusut. Aplikasikan vitamin rambut terlebih dulu di batang rambut agar bagian yang kusut lebih mudah diatur.

Picte1

 

2) Menggosok rambut dengan handuk terlalu keras

Saat basah, rambutmu sedang dalam keadaan rapuh. Jika kamu menggosoknya dengan handuk secara keras atau kasar, maka kemungkinan rambut kamu bisa patah dan rontok. Selain beresiko patah dan rontok, gosokan dari handuk juga bisa merusak kutikel rambut, atau lapisan terluar dari batang rambut kamu, yang seharusnya membuat rambut jadi terlihat berkilau. Jika kutikel rambut rusak akibat digosok terlalu keras, maka rambut akan terlihat kusam dan mudah kusut.

2

Cara yang lebih baik untuk mengeringkan rambut basah, adalah dengan meremas batang-batang rambut secara perlahan untuk menyerap basahnya. Selain handuk, kamu juga bisa gunakan kaus atau t shirt berbahan katun, yang sebenarnya lebih cepat menyerap air.

3) Menggunakan hair dryer, flat iron atau curler dengan suhu yang terlalu panas

Tentu saja, panas yang berlebihan bisa merusak rambut. Maka, pilihan yang paling baik adalah mengeringkan rambut secara alami. Kalau kamu tetap ingin rambut kamu tampil cetar, gunakan dulu produk atau vitamin rambut yang bisa melidungi batang rambut kamu dari kerusakan. Penggunaan produk pelindung ini bisa meminimalisir kerusakan rambut, namun tentu saja, tidak menggunakan peralatan styling rambut adalah pilihan terbaik. Ada beberapa trik yang bisa kamu coba untuk membuat tekstur rambut jadi bergelombang, tanpa harus memanasinya.

4) Menggunakan kondisioner pada akar rambut atau kulit kepala

4a

Kulit kepala, sama seperti halnya kulit wajah, memproduksi minyak secara alami. Mengaplikasikan kondisioner pada akar rambut akan semakin membuatnya lebih berminyak. Ini beresiko, nantinya rambutmu akan menjadi lepek dan terlihat berat. Selain itu, kotoran juga akan lebih cepat menempel pada kulit berminyak. Untuk menghindari ini, gunakan kondisioner hanya pada batang rambut dan ujung-ujung rambut saja, agar hasilnya nanti rambut kamu akan terlihat bercahaya dan terasa lembut, tanpa minyak berlebih.

5) Keramas dengan air terlalu panas

5a

Air hangat yang mengaliri kulit kepala memang terasa sangat nyaman. Air yang hangat suam kuku, akan berefek membuka pori-pori dan membuat produk perawatan rambut bisa lebih meresap, namun air yang suhunya terlalu panas bisa merusak kutikel rambut dan menjadikan rambut kamu rapuh dan rontok. Jadi, sebaiknya awali keramas dengan air hangat, lalu akhiri dengan air dingin supaya pori-pori serta kutikel rambut merapat dan rambutmu jadi berkilau.

6) Langsung menguncir atau mengenakan hijab saat rambut masih basah

6

Karena rambut sedang rapuh saat keadaan basah, maka begitu pula dengan kulit kepala. Menguncir rambut saat basah akan menarik-narik akarnya dari kulit kepala, dan menjadikannya tambah mudah rontok dan patah. Kalau kamu berhijab, jangan langsung mengenakan hijab saat rambut belum benar-benar kering seluruhnya. Karena, kalau kulit kepalamu masih basah atau lembab, kondisi ini bisa membuat tumbuhnya jamur di kulit kepala, atau membuat kulit kepalamu jadi berketombe. Akibatnya, kamu pun akan merasakan gatal yang tak nyaman.

7) Terlalu banyak mengonsumsi junk food

Unhealthy Junk food woman

Sudah merawat rambut dengan baik, tapi rambutmu masih rontok dan terlihat kusam? Girls, selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga harus menutrisi rambutmu dari dalam. Makanan cepat saji serta minuman bersoda tidak memiliki vitamin yang cukup untuk tubuh dan rambutmu. Seimbangkan dengan makan buah dan sayur, juga selalu minum air putih yang cukup.

Girls, merawat rambut harus dilakukan secara rutin dan teratur. Kamu belum tentu mendapatkan hasil yang kamu inginkan hanya dalam semalam. Ingat untuk selalu rutin merawat rambut dan kurangi penggunaan produk kimia dan peralatan styling yang terlalu panas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s