Inspirasi dari Selebriti Penyintas Kanker Payudara

Kanker payudara adalah sesuatu yang bisa dilawan dan dikalahkan. Para selebriti dunia penyintas kanker payudara, telah angkat bicara tentang pengalaman mereka melawan kanker dan ancamannya. Simak cara mereka masing-masing, untuk berhasil melawan.

Cynthia Nixon: jadwal operasi di hari Minggu

Cynthia Nixon, salah satu dari quartet bintang serial televisi yang populer di era 2000 Sex and the City, memilih untuk diam saat mengetahui dirinya didiagnosa menderita kanker payudara pada usia 40 tahun. Awal keputusannya untuk memilih diam adalah untuk menghindar dari kejaran paparazzi. Ia betul-betul menghindari agar jangan sampai ada paparazzi yang membuntutinya hingga ke rumah sakit. Cynthia Nixon menjalani mammogram secara rutin, dan pada suatu saat hasilnya menunjukkan kabar buruk. Bahwa ada sel kanker stadium awal di payudara kanannya. Respon yang muncul pada dirinya saat itu adalah rasa takut. Ia, seperti semua perempuan lain tentunya tidak pernah menginginkan sel kanker tumbuh di tubuh.

Cynthia-Nixon
Cynthia Nixon pada sebuah red carpet event.

Sebenarnya, Cynthia Nixon telah menyadari bahwa resiko itu kemungkinan memang akan terjadi padanya, karena ibunya juga punya riwayat kanker payudara saat Cynthia berusia 12 tahun. Meski menakutkan baginya, Cynthia tetap menjalani hari-harinya sebagai seorang aktris secara normal. Ia bahkan menjadwalkan operasi pengangkatan kanker pada hari Minggu agar ia bisa tetap tampil pada setiap hari pertunjukan off broadway-nya. Operasi hanya jadwal yang akan dilewatinya. Kanker yang bersarang di payudara kanannya berhasil diangkat karena terdeteksi dini dengan mammogram. Menurut Cynthia, hal yang harus dihadapi adalah rasa takut itu sendiri. Pesan Cynthia Nixon bagi para perempuan di luar sana, beranilah untuk melakukan mammogram, karena itu bisa menghindarkan dari akhir yang buruk yang tak diinginkan seorangpun.

Angelina Jolie: ambil tindakan proaktif

Di tengah popularitasnya sebagai aktris yang dipuja, Angelina Jolie ternyata memiliki  gen defektif yang dikenal dengan sebutan BRCA1. Kondisi ini berarti ia memiliki 87 persen kemungkinan terkena kanker payudara dan 50 persen kemungkinan terkena kanker rahim. Kondisi ini membuatnya memutuskan untuk melakukan mastektomi atau tindakan operasi pengangkatan payudara pada usia 37 tahun. Keputusan ini adalah keputusan proaktif untuk meminimalisir dan mencegah resiko kanker yang mungkin dialaminya. Angelina Jolie belajar dari riwayat ibunya yang meninggal di usia 56 tahun setelah berjuang melawan kanker selama hampir sepuluh tahun.

 

 

tmp_bA1152_a715067a3338bac3_GettyImages-845808440
Angelina Jolie dan keenam anaknya, Maddox, Pax, Zahara, Shiloh, Knox, dan Vivienne.

Jolie menulis pada New York Times agar para perempuan dan publik tahu, bahwa keputusan untuk melakukan mastektomi tidak pernah mudah untuk diambil. Tetapi, ia bahagia akan pilihannya itu. Persentase resiko kankernya turun dari 87 persen hingga di bawah 5 persen. Maka, ia pun bisa mengatakan pada anak-anaknya, bahwa mereka tidak perlu takut kehilangan ibunya karena kanker. Ia memastikan, tak ada lagi hal yang perlu dikhawatirkan dari dirinya mengenai resiko kanker. Secara pribadi, Angelina Jolie juga mengatakan bahwa setelah mastektomi, ia tidak merasa ada yang hilang dari keperempuanannya. Ia tetaplah seorang perempuan yang kuat dan telah membuat keputusan yang berani bagi dirinya dan keluarganya.

Kylie Minogue: percaya pada insting

Kylie Minogue

I Just Can’t Get You Out Off My Head, kata lagunya. Tapi, Kylie Minogue berhasil “melepas” kanker yang pernah ada di payudaranya. Bahkan, ia punya pesan penting bagi para perempuan. Pada 2005, dokter menyatakan bahwa ia baik-baik saja dan tidak menderita kanker payudara. Namun dua minggu setelahnya, ia menemukan benjolan di payudaranya. Ia pun harus menjalani lumpectomy untuk mengangkat benjolan tersebut.

Pengalaman ini membuat Kylie merasa harus membagikan ceritanya pada para perempuan. Ia mendorong para perempuan untuk percaya pada insting. Jika merasa ada yang salah pada tubuh, segera cari tahu penyebabnya. Kylie mengatakan, ini bukan untuk menakut-nakuti para perempuan ataupun mendiskreditkan para pelaku medis. Meskipun dokter atau praktisi kesehatan telah memiliki diagnosa, tak ada salahnya mencari opini kedua. Minogue pun hingga sekarang tidak pernah mempublikasikan pihak mana yang telah mengeluarkan diagnosa keliru atas dirinya, dan ia tetap mengungkapkan respek dan rasa terima kasih terhadap semua petugas profesional medis dan orang-orang yang telah membantunya meraih kesehatannya kembali.

ba447562938195e3d13276dfb640fb25.jpg

Dukungan bagi mereka yang sedang berjuang melawan kanker payudara, tentu sangat berharga baik dari sesama perempuan khususnya, maupun dari para pria. Ketika teman atau orang di dekatmu didiagnosa terkena kanker payudara, habiskan waktu dengan mereka dan dengarkan saat mereka mau terbuka. Kalau kamu bukan dokter atau praktisi medis, kamu tidak perlu memberikan saran-saran. Sebaiknya, bantu mereka untuk menemukan bantuan medis yang mereka butuhkan, termasuk mencatat keluhan keluhan-keluhan dan rasa sakit yang mereka rasakan dan menyampaikannya saat berkonsultasi. Kamu tidak perlu menunjukkan muka sedih atau simpati yang berlebihan, melainkan perlakukan mereka seperti orang normal, agar mereka juga merasa normal dan mendapatkan kekuatan kembali.

Sosmed_vipwearpink.jpg

Setiap orang pasti akan merasa lebih baik saat mendapat dukungan, apapun bentuknya. Salah satu bentuk dukungan yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan kata-kata positif. VIP Plaza mengadakan kampanye #VIPWEARPINK di Instagram sebagai media untuk menyampaikan dukungan lewat kata-kata positif untuk para penyintas maupun mereka yang masih berjuang melawan. Kunjungi di sini untuk sampaikan dukungan kamu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s