Peeling atau Scrubbing, Mana yang Cocok untuk Kulitmu?

Kenali dua metode ini, untuk membuat wajahmu jadi naturally glowing. Yang mana yang cocok untuk kulit wajahmu?

Scrubbing

Mencuci muka dengan sabun yang mengandung butiran-butiran halus bisa membantu melepaskan sel-sel kulit mati yang tertumpuk di permukaan kulit dan menghalangi kulitmu memancarkan glow-nya secara alami.

doomos-at
via doomos.at
Biasanya setelah scrubbing, kulit cenderung menjadi kering dan sensitif karena pori-pori kulit sedang terbuka dan kulitmu sedang dalam proses memproduksi sel-sel kulit yang baru. Maka sebaiknya setelah scrubbing kamu membilasnya dengan air dingin dan kenakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Pengelupasan sel kulit mati ini juga bisa kamu lakukan pada bagian tubuh yang lain, seperti leher, punggung, bahu, siku, lutut dan kaki untuk mendapatkan kulit yang lebih lembut dan cerah.

instyle-com
via instyle.com

Scrub juga dipercaya bisa menghilangkan komedo dari blackhead hingga whitehead. Namun, hal ini tergantung dari kondisi kulit setiap orang. Kebutuhan kulit masing-masing orang bebeda, sehingga mungkin saja, sabun pencuci muka yang mengandung scrub tidak berhasil menghilangkan komedo yang bandel.

Idealnya, scrubbing dilakukan paling banyak hanya dua kali dalam satu minggu. Melakukan scrubbing terlalu sering tidak memberi manfaat yang lebih, dana malahan justru akan merusak lapisan epidermis, yaitu lapisan terluar kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet, polusi dan bakteri yang menyebabkan iritasi dan alergi. Jika lapisan epidermis rusak, maka kulitmu bisa terlihat terkelupas karena kering dan gampang kemerahan karena iritasi.

momtastic-com
via momtastic.com
Kalau kamu menghindari bahan kimia yang terkandung dalam beberapa jenis produk kecantikan, kamu bisa membuat scrub sendiri. Pilih bahan-bahan alami yang bertekstur seperti bubuk kopi, gula pasir atau tepung beras. Kamu bisa pilih untuk mencampurkan bahan scrub dengan madu, minyak zaitun, coconut oil atau bahkan dengan air saja.

Peeling

Pada dasarnya, peeling memiliki tujuan yang sama dengan scrubbing, yaitu untuk  melepaskan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Bedanya, eksfoliasi dengan peeling dilakukan dengan bantuan bahan-bahan kimia yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah dalam produk-produk kecantikan.

Peeling, selain membersihkan sel-sel kulit mati di wajah, kandungan bahan kimia pada poduk-produk peeling bekerja pada lapisan kulit yang lebih dalam sehingga peeling juga berfungsi untuk mengubah pH, yaitu tingkat keasaman kulit dan merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga mempercepat proses regenerasi kulit dan mempersiapkan kulit untuk menyerap nutrisi penting seperti vitamin dan anti oksidan.

fabulouslook-com
via fabulouslook.com
Sementara scrub hanya membersihkan lapisan kulit terluar, melakukan peeling di klinik kecantikan memiliki beberapa prosedur untuk jenis kulit yang berbeda dengan masalahnya masing-masing, misalnya untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan menghilangkan keriput. Biasanya, setalah peeling dilakukan, kulit tidak boleh terpapar sinar matahari dan kosmetik. Karena itulah, peeling, meskipun  dilakukan sendiri di rumah, sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan ahli kesehatan kulit.

radianokc-com
via radianokc.com
Kebanyakan orang, salah mengira jenis dan keadaan kulit wajahnya, kering atau berminyak, sensitif atau tidak. Sebaiknya, untuk memulai proses perawatan kulit wajah, konsultasikan terlebih dahulu dengan dermatologis, tentang jenis dan masalah kulitmu, dan jenis perawatan apa yang tepat. Atau, jika kamu ingin mencoba sendiri di rumah, mulailah dengan bahan-bahan yang alami dan lembut. Dan ingat, kulit yang cantik dan sehat bisa didapatkan dengan komitmen untuk merawatnya dengan rutin, bukan keajaiban produk seperti pada iklan.

Image source: dailyhive.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s