Adidas Parley, Usaha Penyelamatan Laut dari Sampah Plastik

Sportbrand Adidas, mengeluarkan concept sneakers yang terbuat dari hasil daur ulang sampah plastik yang ditemukan di laut. Sepatu lari dengan konsep light weight ini, yang diberi nama  Adidas Parley Ultra Boost Uncaged Parley ini, secara tampilan dan desain, juga terinspirasi dari ocean wave.

Sneakers Adidas X Parley for The Oceans ini menggunakan 95% dari sampah plastik yang diangkat dari permukaan perairan Maldives, dan 5 % daur ulang polyester, yang diolah menjadi  Primeknit pada bagian upper, termasuk tali sepatu, pelindung tumit dan sock liner, bagian mulut sepatu yang elastis menyerupai kaus kaki . Setiap pasangnya, merupakan hasil olahan dari sebelas buah botol plastik yang. Motif garis-garis berwarna ocean blue pada permukaan upper, terbuat dari hasil daur ulang  jala penangkap ikan yang digunakan oleh para nelayan, yang ditemukan tertinggal di laut dalam.

parley-com
parley.com

Ya, laut kita penuh sampah. Ini adalah masalah besar dan perlu solusi yang besar pula. Cyrill Gutsch, pendiri Parley for the Oceans bilang, bahwa tidak cukup sendirian untuk menyelamatkan lautan. Industri kreatif, memiliki porsi penuh untuk merumuskan kembali bahan baku yang dipakai, memunculkan inovasi-inovasi produk baru serta model bisnis yang tepat sasaran. Semua itu ada pada tangan para pentolan industri untuk membuat perubahan selera konsumen akan produk yang ramah lingkungan, menjadi nyata.

Konsep pada Adidas Parley Ultra Boost Uncaged Parley ini, sejalan dengan motivasi Parley for the Oceans, sebuah gerakan yang berlandaskan usaha mengatasi ancaman terhadap laut, ekosistem terbesar di muka bumi. Motivasi gerakan Parley ini adalah untuk melindungi keragaman hayati di darat dan laut, dan solusinya adalah dengan memanfaatkan sisi imajinatif dari peradaban manusia, seni.

adidas-com
adidas.com

Eric Liedtke, Adidas Group Executive Board mengungkapkan peluncuran Adidas Parley Ultra Boost ini sebagai langkah lanjutan dari kolaborasi Adidas bersama gerkan Parley for the Ocean. Langkah ini tidak akan berhenti sampai disini, komitmen untuk membawa solusi pada permasalahan lingkungan hidup ini, akan terus berlanjut pada misi-misi selanjutnya. Tahun depan, gerakan ini akan meningkat secara signifikan, dengan memproduksi satu juta pasang sepatu yang menggunakan sampah plastik daur ulang yang diangkat dari permukaan laut. Produksi ini sejalan dengan ambisi Adidas untuk mengeliminasi penggunaan pasokan plastik baru sebagai bahan baku.

Sebagai permulaan pada peluncuran awal,  Adidas Parley Ultra Boost dibuat sebagai edisi terbatas, hanya sebanyak 7.000 pasang sepatu, dan dihargai sekitar 220 USD atau sekitar IDR 2.900.ooo, dan akan dilempar ke  pasar pada pertengahan November ini.

Selain Adidas Parley Ultra Boost, Adidas juga mengeluarkan jersey sepak bola yang terbuat dari material daur ulang sampah plastik laut untuk kesebelasan sepak bola Real Madrid untuk melawan Real Sporting de Gijon. Jersey ini, diklaim Adidas sebagai jersey pertama yang dibuat seluruhnya dari bahan baku daur ulang sampah plastik laut. Selain itu, ada juga jersey yang terbuat dari bahan baku daur ulang sampah  plastik laut yang sekarang telah dijual secara online di website resmi adidas.com, yaitu jersey FC Bayern Munich Parley yang dihargai 90 dollar.

Image source: sneakernews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s