Jakarta Fashion Week 2017: Legenda Bali di Rancangan Ivan Gunawan

Busana rancangan desainer Ivan Gunawan kembali mewarnai runway Jakarta Fashion Week 2017. Kali ini, deretan gaun yang didominasi warna hitam dan kemilau keemasan. Konsep desain sophisticated yang memukau mata dan nuansa glamor, dipadukan Ivan dengan inspirasi yang berangkat dari legenda rakyat Bali, dan diberi tajuk Manggali.

Ratna Manggali, sang putri cantik anak dari Calonarang, dikisahkan sulit mendapatkan suami karena para laki-laki takut pada ibunya yang menguasai ilmu hitam. Kisah ini menginspirasi Ivan Gunawan untuk rancangannya yang bertajuk Manggali, dengan dominasi warna hitam pada gaun-gaun yang anggun mewakili kekelaman hati sang Putri menunggu jodohnya, serta bertatah warna keemasan perlambang kecantikan sang Manggali.

img_0916

Nuansa Bali terasa semakin kental dengan rancangan perhiasan dari Bara Silver, pengrajin perhiasan perak khas Bali. Motif tradisional ukir-ukiran Bali yang berulir nampak pada anting-anting subang dan tusuk konde yang berukuran besar, serta karakter Leak yang muncul membelit leher sebagai choker, yang juga berukuran besar. Perhiasan-perhiasan ini dibuat di Bali dan dibuat dengan lapisan emas untuk memenuhi konsep glamour yang diusung Ivan.

Perhiasan yang berukuran besar ini, dipilih Ivan sebagai detail untuk melengkapi gaun rancangannya. Ukuran subang yang lebih besar daripada anting pada umumnya ini dimaksudkan Ivan supaya detail yang ia munculkan tetap terlihat di atas panggung. Setiap aksesoris yang berpadu dengan gaun juga dipilih dengan detail agar berpadu dan menciptakan suatu tampilan secara keseluruhan yang kaya. Pada tata rias wajah dan rambut, Ivan menghadirkan look yang lebih modern. Disinilah perpaduan antara kekayaan tradisi dengan kemasan modern agar tetap akrab dengan publik yang menggemari tampilan fashion forward.

Pada jajaran rancangan koleksi Manggali, Ivan juga merancang busana pria, tetap dengan kombinasi warna hitam dan emas. Blazer berwarna hitam dengan kemilau emas mengingatkan akan sosok matador yang maskulin dan gagah, berpadu dengan palazzo, celana wide leg berpotongan A line.

Igun, sapaan akrab Ivan Gunawan semenjak ia populer sebagai pengisi acara di televisi swasta, juga menghadirkan gaun yang berpotongan pendek. Gaun-gaun pendek dengan siluet yang seksi tetap hadir elegan dengan kemilau warna emas dan silver, juga dengan aksesoris hingga sepatu yang berpadu harmonis. Igun juga sangat memperhatikan detail setiap gaun rancangannya, termasuk dalam hal pola dan jahitan. Untuk bahan tule dan brokat, ia mengerjakan sendiri sambungan patchwork-nya satu per satu, dengan di-sum halus sehingga tidak terlihat sambungannya. Ia mengakui, kerumitan rancangannya kali ini berada pada teknik pola dan pengerjaannya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s