For Men: 10 Kesalahan Berpakaian yang Sering Para Pria Lakukan

Bagi para cowok, penampilan yang enak dilihat juga perlu sedikit dipelajari. Sedikit usaha untuk memperbaiki penampilan, bisa berdampak besar pada pembawaan diri kamu, dan menyampaikan kesan yang jauh lebih baik tentang diri kamu kepada orang-orang di sekitar.

1)  Bulgy wallet

Kebanyakan pria memiliki kebiasaan menyimpan dompet di kantong belakang celana. Baik ketika mengenakan celana jeans, chinos ataupun celana bahan, bagian belakang celana yang menyembul akan selalu mengganggu penampilan. Berarti, sekarang saatnya untuk membereskan isi dompet kamu. Jangan menyimpan terlalu banyak kartu nama di dompet. Sebaiknya siapkan satu dompet khusus untuk menyimpan kartu nama rekan-rekan anda, supaya lebih rapi dan mudah dicari. Singkirkan juga bon dan struk belanja dari dompet. Kamu sudah tidak membutuhkannya lagi. Jangan lupa, atur lembaran uang kertas supaya tidak lusuh dan dompet bisa terlihat lebih slim.

2) Terlalu matching

Kamu tidak perlu berusaha terlalu keras untuk menghasilkan outfit yang matching. Berusaha menserasikan warna antara atasan, bawahan dan sepatu bukan berarti harus mengenakan warna serba sama. Penampilan sehari-hari kamu akan terlihat jauh lebih menarik jika kamu mengenakan kombinasi warna-warna basic seperti abu-abu pada atasan, navy blue jeans dan versatile shoes, misalnya white sneakers atau medium tan leather shoes.

3) Pop up collar

Menaikkan kerah kemeja, jaket ataupun polo shirt kamu, hanya akan menjauhkan kamu dari image laki-laki dewasa yang mandiri, bertanggung jawab dan memiliki prinsip. Kalau menaikkan kerah dengan alasan untuk menahan udara dingin, ada fashion item yang fungsional untuk itu, scarf. Atau alasannya supaya terlihat macho dan maskulin? Pop up collar bukan jawabannya. Gaya klasik dan berkelaslah yang bisa membuat kamu terlihat maskulin.

4) Selalu mengenakan sepatu yang sama

Sebenarnya, tidak ada satu jenis sepatu yang cocok dipakai ke semua acara. Setiap sepatu punya karakteristiknya masing-masing. Sepatu sneakers, berapapun mahalnya, tidak bisa dipakai untuk acara resmi yang mengharuskan kamu tampil dengan memakai setelan jas. Sepatu formal pun ada beberapa jenis. Memiliki beberapa pasang sepatu adalah bentuk investasi yang penting untuk membangun image kamu.

businessinsider-com
businessinsider.com

5) Memakai t-shirt kerah bulat sebagai dalaman kemeja

Ada jenis t-shirt yang khusus diperuntukkan sebagai undergarment ketika mengenakan kemeja, yaitu v neck t shirt. Dengan v neck t shirt, bagian neck line dari dalaman kamu akan tersembunyi dan membuat tampilan seolah-olah kamu tidak memakai under garment. Sehingga, penampilan kamu dengan kemeja pun akan terlihat jauh lebih rapi, terutama untuk acara-acara formal.

6) Mengenakan celana yang terlalu panjang, atau terlalu pendek

Celana panjang kamu, sebaiknya jatuh tepat di mata kaki. Ini berarti sedikit memperlihatkan bagian ankle, tapi tidak jauh sampai menuju betis. Sebaiknya juga memperlihatkan sepatu kamu, tapi tidak terlalu panjang sampai menutup seluruh tali sepatu atau hanya memunculkan sedikit bagian toe cap saja. Inilah mengapa, poin nomor 4 juga penting, yaitu selalu memperhatikan keserasian sepatu yang kamu pakai.

 

7) Memilih parfum dengan wangi yang menyengat

Membeli parfum juga adalah investasi yang penting. Tampil dengan aroma yang wangi tentunya akan membuat kamu merasa lebih percaya diri. Memiliki aroma yang menyenangkan juga akan memberikan impresi yang lebih dalam pada lawan bicara dan rekan-rekan di sekitar kamu. Tetapi, memiliki wangi menyengat yang tercium dari jarak dua meter tentu juga bukan jenis karakter yang menyenangkan. Semprotkan parfum langsung pada kulit, jangan pada pakaian, untuk mendapatkan aroma yang khas setelah parfum tersebar seturut hangat tubuh kamu. Tempat yang strategis untuk disemprotkan parfum karena menyebarkan panas tubuh adalah di pergelangan tangan bagian dalam dan di antara garis rahang dan belakang telinga.

8) Memakai suit yang terlalu longgar

Baggy is a big no. Untuk menghindari mengenakan kemeja dan jas yang kedodoran, pastikan bagian jahitan bahu jatuh tepat pada tepi bahu dan tidak kedodoran jatuh sampai ke lengan. Bagian kantong juga bisa menjadi penentu. Kantong kemeja seharusnya jatuh tepat di dada, tidak merosot hingga ke bagian tulang iga.

restartyourstyle-com
Compare these two looks. (from restartyourstyle.com)

9)  Terlalu banyak aksesoris

Kecuali kamu adalah Johnny Depp, kamu tidak akan terlihat oke jika memakai terlalu banyak kalung atau gelang. Untuk urusan aksesoris, tetaplah pada pilihan klasik. Jam tangan dengan leather strap, bisa dipadukan dengan simple leather bracelet. Satu kalung dengan desain etnik bebatuan sudah lebih dari cukup sebagai aksesoris. Sehelai scarf juga sudah cukup untuk membuat penampilan kamu noticeable. Gunakan kacamata hitam sesuai dengan fungsinya, tak perlu menyematkan kacamata hitam pada kancing atas kemeja sebagai aksesoris ketika mendatangi evening event.

soposteddotcom.jpg
Only Johnny can pull off this look.(from soposted.com)

10) Tidak bisa membedakan antara sikap arogan atau percaya diri

Orang yang arogan memang memiliki kepercayaan diri. Tetapi, secara psikologis, sikap yang arogan dimiliki oleh seseorang yang merasa superior dibanding orang lain. Sikap yang penting untuk dimiliki adalah kepercayaan diri, yaitu sikap yang secara realistis yakin akan kemampuan diri sendiri dan sadar bahwa ia memiliki aspek yang dibutuhkan untuk bergaul, bersosialisasi termasuk untuk berkompetisi. Dengan mengetahui perbedaan antara sikap arogan dan percaya diri, kamu bisa merasa lebih baik akan diri kamu sendiri dan bisa membawa diri lebih tepat di tengah-tengah pergaulan.

Image source: m-curebo.com

 

 

-V.A.O.T-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s