Make Up Tutorial: Contouring

Perkembangan tren make up akhir-akhir ini memang semakin pesat. Teknik make up yang tadinya digunakan oleh para model runway dan selebriti kelas dunia, kini mulai semakin umum digunakan para wanita untuk make up sehari-hari. Salah satunya adalah contouring. Kalau kamu yang penasaran bagaimana mengaplikasikan teknik contouring, simak tutorialnya berikut ini.

Contouring adalah teknik yang efektif untuk mengoreksi beberapa bagian wajah supaya terlihat lebih ideal. Dengan teknik contouring, anda bisa mendapatkan hasil akhir pipi yang terlihat lebih tirus, hidung yang mancung bahkan bibir yang lebih seksi. Kamu bisa membaca tentang mempersiapkan alat dan produk untuk contouring dengan membaca artikel inidan langkah selanjutnya, kamu sudah siap untuk memulai contouring.

Step 1 – Make Up Base

leafdottv.jpg
leaf.tv

Make up base sangat berguna untuk memastikan kulit wajah kamu sudah siap untuk menerima make up. Terlebih dahulu, selalu bersihkan wajah dan kenakan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu. Tunggu lima hingga sepuluh menit sampai moisturizer meresap sempurna. Setelah itu, kenakan foundation yang sesuai dengan warna kulitmu. Pastikan kamu mengaplikasikan foundation dengan rata ke seluruh bagian wajah. Foundation sebagai base, berguna untuk meratakan warna kulit dan supaya nantinya kamu bisa mem-blend produk contouring dengan mudah.

Step 2 – Contour

stylistdotcodotuk.jpg
stylist.co.uk

Langkah selanjutnya adalah mulai membuat pola contour. Tujuannya adalah mengaksentuasi bagian-bagian wajah yang secara natural tertimpa cahaya, dengan bantuan shade dan highlight. Kalau kamu termasuk pemula, kamu bisa mencontek pola contouring. Kamu butuh produk contouring dengan shade warna dua tingkat lebih gelap dari warna asli kulitmu, untuk membentuk bayang-bayang contour.

pinterest.jpg
pinterest.com

 

Yang terpenting, aplikasikan pola contouring sesuai dengan bentuk wajah kamu supaya hasil akhirnya tetap terlihat natural dan unnoticeable. Ingat, setiap orang memiliki karakter bentuk wajah yang tidak sama persis, maka kamu bisa menyesuaikan pola contour sesuai kebutuhanmu.

Step 3 – Highlight

enterspree-dot-com
enterspree.com

Pada langkah ini kamu butuh highlighter, pilih warna product contour dengan warna dua tingkat lebih terang dari warna kulitmu, untuk menciptakan highlight pada bagian yang tertimpa cahaya. Seperti pada bagian tengah dahi, bagian bawah mata membentuk segitiga terbalik, puncak hidung, puncak tulang pipi dan cupid’s bow. Kalau kamu ingin penampilan yang terlihat lebih glamor, kamu bisa memilih highlighter yang memberikan efek shimmer sehingga hasil akhirnya lebih glowy.

Step 4 – Blend

xovaindotcom.jpg
xovain.com

Blending adalah kunci dari hasil akhir yang sempurna. Mem-blend contour dan highlight diperlukan ketelitian agar kamu mendapatkan tampilan yang natural. Blend contour dan higlight dengan menggunakan beauty blender atau beauty sponge yang lembab. Kamu juga bisa menggunakan kuas. Gunakan kuas yang kaku dan ujung kuasnya memiliki bulu yang padat dan tebal agar garis-garis pola contour bisa tercampur dengan rata.

najlakaddourdotcom.jpg
najlakaddour.com

Tujuan dari teknik contouring adalah menciptakan ilusi yang lembut dan natural. Jadi, tahapan blending adalah membuat garis-garis contour dan highlight supaya tersamar atau tampak blur. Blend-lah garis-garis dan pola contouring sampai tidak terlihat garis yang jelas.

Step 5 – Finishing

goodhousekeepingdotco,.jpg
goodhousekeeping.com

Setelah selesai mem-blend dan kamu sudah bisa melihat wajahmu sculpted and shiny, kamu masih butuh sentuhan akhir untuk menyempurnakan contour di wajahmu. Untuk menonjolkan bagian alis, kamu bisa menambahkan highlighter pada pada bagian bawah lengkungan alismu. Untuk menonjolkan bagian bibir, setelah menggunakan lipstick, bubuhkan sedikit highlighter di tepi bawah bibir bagian bawah.

stylehosterdotcom
stylehoster.com

Bubuhkan bedak tabur ke seluruh wajah untuk menjaga warna contour tahan lama. Pilih bedak translucent agar warna contour yang telah di-blend tidak pudar. Gunakan kuas khusus bedak agar butiran bedak tabur bisa merata di wajah.

Setelah selesai, dengan contouring kamu sudah siap untuk tampil percaya diri ala model runway!

Image source: beautyheaven.com.au

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s