Lari Maraton, Menantang Fisik Menguji Mental

Lari maraton adalah salah satu cabang olahraga yang sedang digandrungi oleh banyak orang akhir-akhir ini. Jarak tempuh yang mengintimidasi, medan lari yang penuh rintangan dan tekanan yang dirasakan ketika berlomba tak membuat semangat para pelari surut untuk terus berpacu.

Jarak batas lari maraton yang mencapai berkilo-kilo meter memang dirancang untuk menantang diri kita untuk keluar melampaui zona nyaman dan batas kemampuan tubuh dan pikiran. Para pelari maraton yang berhasil menempuh batas yang ditentukan dan sampai ke garis finish, berarti adalah mereka yang berhasil menunjukkan pada diri mereka sendiri dan kepada dunia bahwa mereka mempunyai kekuatan dari dalam diri mereka sendiri untuk berhasil.

Anda termasuk salah satu dari para pelari maraton yang ingin membuktikan bahwa anda memiliki kemampuan untuk melampaui ambang batas kemampuan anda selama ini? Berikut ini ada beberapa event lari maraton yang akan digelar hingga menjelang penghujung tahun 2016 ini.

Borobudur Marathon

3.jpg
borobudur10k.id

Perlombaan Borobudur Marathon ini, sesuai namanya, akan digelar di seputaran kompleks Candi Borobudur. Para pelari, atlet maraton dari seluruh Indonesia bahkan atlet maraton dunia akan menempuh jalur sepanjang 10K, 20K hingga full marathon 42K sambil menikmati udara segar pedesaan di sekitar Candi Borobudur, Jawa Tengah. Perlombaan tahunan yang telah mulai digelar sejak 1990 ini, tahun ini akan diadakan pada 20 November 2016 mendatang. Untuk berlari di medan outdoor, pastikan anda mempersiapkan sepatu yang cocok menempuh medan yang tak terduga. Sepatu Adidas Response, merupakan sepatu running yang dirancang memiliki bagian upper yang fleksibel dan mampu mengikuti gerakan kaki anda ketika berlari.

Jakarta Goes Pink

4.jpg
liputan6.com

Berlari sambil beramal adalah dua hal yang bisa anda lakukan dengan mengikuti event ini. Jakarta Goes Pink, diadakan dengan misi meningkatkan kesadaran akan deteksi dini terhadap kanker payudara, sekaligus berkontribusi mendukung perjuangan mereka yang melawan kanker payudara. Uniknya, acara ini memiliki dress code. Para peserta diajak untuk mengenakan warna pink, karena warna pink, berasal dari pink ribbon atau pita pink yang melambangkan kepedulian terhadap kanker payudara. Yuk semarakkan Jakarta Goes Pink dengan mengikuti lari untuk amal ini. Jangan lupa dresscode-nya, kenakan sepatu lari warna pink yang nyaman dan cantik, seperti Adidas Rocket Boost ini.

Nusantarun

6
via instagram @nusantarun

Maraton yang satu ini termasuk ke dalam kategori ultra-marathon dengan jarak lebih dari 100KM. Nusantarun, adalah sebuah gerakan lari amal bukan lomba yang berlandaskan semangat aksi sosial dengan tujuan menggalang dana yang nanti hasilnya akan disumbangkan melalui yayasan-yayasan tertentu. Tahun 2015 lalu, NusanaRun mengumpulkan donasi yang disalurkan kepada mereka yang membutuhkan melalui Yayasan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA).  Tahun 2016 ini NusantaRun akan diadakan pada 16 Desember. Lokasi start akan melanjutkan dari lokasi finish tahun sebelumnya, yaitu bertempat di Balaikota Cirebon, menuju garis finish berikutnya di Purwokerto, 145 KM dari garis start. Mengingat jauhnya jarak, para pelari diberikan waktu 36 jam untuk menyelesaikan jarak tempuh. Maka, jika anda tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan lari amal ini, persiapkan peralatan yang memadai seperti sepatu lari yang sesuai medan tempuh, beberapa stel pakaian lari yang sesuai dengan suhu dan cuaca , dan botol air minum yang dilengkapi belt.

Lombok Marathon

7

Lombok, Nusa Tenggara Barat dikenal sebagai destinasi wisata dengan keindahan alam pantai yang memukau turis lokal dan mancanegara. Maka tentunya, berlari dengan ditemani pemandangan laut, udara laut yang segar dan matahari pantai tropis tentunya jadi daya tarik yang berbeda dari event ini. Lombok Marathon 2016 yang akan diadakan pada Hari Minggu 4 Desember 2016 mendatang, akan menantang anda menyelesaikan tantangan untuk berlari dari titik start di bagian Barat Lombok di jalan Senggigi hingga titik finish di Kantor Gubernur NTB di jalan Pejanggik Mataram dengan kategori lari full marathon sejauh 42K, half marathon 21K dan lari 10K. Tahun ini, penyelenggara hanya membatasi hingga 5000 peserta, dan pendaftaran early bird dibuka hingga 31 Agustus 2016. Karena lokasinya yang bernuansa pantai, persiapkan diri anda dengan pakaian lari yang colorful dan tentunya nyaman dipakai.

Sebelum memutuskan untuk berpartisipasi mengikuti event lari marathon, pastikan bahwa diri anda telah siap secara fisik dan mental, dan telah melalui latihan yang baik dan benar secara bertahap hingga anda bisa benar-benar menikmati maraton yang anda ikuti dan mencapai hasil yang anda inginkan.

image source: asiatrailmaster.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s